Alligator

 Two_american_alligators

Sebuah kemunduran ke masa dinosaurus, relatif buaya yang telah berubah sedikit dalam 65 juta tahun terakhir. Buaya Cina Timur Asia dan buaya Amerika Amerika Serikat tenggara adalah dua spesies yang dapat bertahan dari  evolusi : Kedua spesies lebih memilih danau air tawar, rawa-rawa dan rawa, di mana mereka sering terlihat mengambang , sebagian tenggelam -seperti stasis di permukaan air untuk mengantisipasi makanan yang segar. Mereka makan berbagai mangsa kecil, seperti ikan, kura-kura, ular dan tikus kecil, yang mereka mengambil cepat-cepat dan melahap seluruh. Mangsa yang lebih besar, seperti babi hutan yang sudah dewasa atau bahkan kijang, yang diseret di bawah permukaan air 

Perkawin berlangsung bawah air dan Pejantan menarik betina . Dua puluh lima sampai 60 telur dapat diletakkan oleh masing-masing betina dalam semusim, yang ditempatkan dalam sebuah sarang besar terbuat dari vegetasi dan lumpur. Sang ibu akan tinggal dengan anak muda selama tiga tahun.
Alligator paling banyak dipelajari mungkin adalah buaya Amerika. Setelah serius terancam pada tahun 1950 karena modis mengingini kulitnya, buaya Amerika telah bertambah kembali populasinya setelah mereka di bawah perlindungan hukum.

Alligator adalah hewan yang masih berkerabat dekat dengan buaya (famili Crocodilian). Nama alligator diambil dari bahasa Spanyolel laganto (sang kadal) yang di-ingriskan.

Perbedaan alligator dengan buaya (crocodile) terlihat jelas dari bagian mulut dan gigi, mulut alligator terlihat lebih lebar dan bibir tampak rapi menutupi gigi. Sedangkan buaya mempunyai mulut agak memanjang dan membentuk huruf V, dan banyak terlihat gigi yang keluar dari bibir, walaupun dalam keadaan mulut tertutup. Khususnya gigi keempat bagian bawah.

Terdapat 2 spesies alligator di dunia:

  • Alligator China (Alligator sinensis)
  • Alligator Amerika (Alligator mississipiensis)

Di samping itu terdapat lagi 6 spesies Caiman, yang masih juga keluarga alligator (masih anggota keluarga besar Crocodilian, yang total semuanya beranggotakan 23 spesies).

Ada dua negara di dunia yang memiliki alligator: Amerika Serikat dan Republik Rakyat Cina. Alligator China terancam punah dan tinggal hanya di lembah Sungai Yangtze. Alligator Amerika ditemukan di Amerika Serikat dari Carolina sampai Florida dan sepanjang Gulf Coast. Mayoritas Alligator Amerika tinggal di Florida dan Louisiana. Di Florida sendiri, terdapat lebih dari 1 juta alligator. Amerika Serikat adalah satu-satunya negara yang memiliki keduanya, alligator dan buaya. Alligator Amerika tinggal di lingkungan air tawar, seperti kolam, rawa-rawa, daratan basah (wetland), dan sungai. Di Tiongkok, mereka hanya tinggal di sepanjang Sungai Yangtze.

Alligator adalah hewan yang hidup sendiri. Spesies terbesarnya (jantan dan betina) akan mempertahankan wilayah utamanya. Mangsa utama alligator adalah hewan yang lebih kecil yang dapat mereka bunuh dan makan dalam satu gigitan. Alligator kadang-kadang juga memangsa hewan yang lebih besar dengan cara mencengkramnya dan menenggelamkannya di dalam air.

Alligator adalah hewan yang berkembangbiak secara musiman. Masa kawin pada musim semi ketika air hangat. Alligator berkembangbiak secara bertelur.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s